Pengenalan Mapala SABAK

SEJARAH SINGKAT
Pembentukan kelompok dan organisasi kepencintalaman ini merupakan salah satu pencetusan ide dari sebagian mahasiswa Fakultas MIPA UNSRI yang menginginkan adanya suatu wadah untuk menampung dan menyalurkan minat dan bakat dibidangnya.
Pada awalnya Organisasi ini bernama MAPALA MIPA,yang didirikan pada tanggal 12 Desember 1993, tetapi seiring dengan bergulirnya waktu nama MAPALA MIPA menjadi MAPALA SABAK FMIPA UNSRI hal ini terjadi pada MUBES I pada tanggal 23-24 April 1994 sampai saat ini Mapala SABAK telah tiga kali mengadakan MUBES(Musyawarah Besar) terakhir pada tahun 2001.Secara garis besar MUBES dilakukan untuk membahas peraturan- peraturan dasar organisasi ,sedangkan musyawarah yang dilakukan setiap tahun adalah Musyawarah Anggota yang bertujuan untuk memilih kepengurusan yang baru.
Nama SABAK sendiri merupakan singkatan dari Sandi Rimba Kami,atau alat tulis dalam bahasa sansekerta,sehingga jika diartikan secara harfiah SABAK berarti : Mahasiswa dalam mengungkapkan rahasia alam ini dengan Ilmu Pengetahuan yang dimiliki sehingga kita dapat mudah memahami dan mencintai akan alam semesta beserta fenomenanya.



TUJUAN
1.       Organisasi ini bertujuan untuk menumbuhkan, memupuk, membina dan mengembangkan kecintaan terhadap alam beserta segenap isinya sebagai pernyataan rasa cinta terhadap Tuhan sebagai pencipta.
2.       Organisasi ini bertujuan untuk mengembangkan dan membina pribadi yang luhur, ketahanan jasmani dan rohani, serta ilmu pengetahuan demi kemanusiaan.
3.       Mapala Sabak didirikan dengan maksud memberi wadah pembinaan kepada mahasiswa FMIPA unsri yang berminat terhadap kegiatan  kepencintaalaman
4.       Mapala SABAK didirikan meningkatkan kepedulian, kecintaan terhadap lingkungan, kebersamaan, dan persaudaraan antar anggota Mapala SABAK.

Visi MAPALA SABAK
Mapala SABAK sebagai organisasi kepecintaalaman akan senantiasa menggalang persatuan dan kerja sama antar sesama kelompok pecinta alam dalam mengembangkan kegiatan kepecintaalaman untuk menunjang pembangunan nasional sesuai dengan asas dan kode etik kepecintalaman

Misi MAPALA SABAK
1.      Mempererat tali persaudaraan antar sesama anggota maupun sesama kelompok pecinta alam.
2.      Menjalin hubungan kerja sama yang dinamis dan tidak mengikat serta koordinasi diantara pecinta alam.
3.      Meningkatkan peran aktif kelompok pecinta alam dalam menanggapi masalah-masalah lingkungan serta berusaha mengembalikan citra baik kelompok pecinta alam khususnya di Sumatera Selatan.
4.      Meningkatkan kemampuan anggota sesuai dengan fungsi dan peran organisasi serta meningkatkan keterampilan manajemen organisasi anggota.
5.      Menjalin hubungan kerjasama yang tidak mengikat dengan lembaga dan instansi terkait dalam rangka guna memperluas jaringan kerja mapala SABAK.
6.      Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Mapala SABAK agar mampu berperan aktif serta mampu bersaing secara sehat dalam menjalankan roda organisasi.

1 komentar:

  1. Salam Lestari..

    kaWan2..mak mNoa Acra taOn bArUan qTo neh..ado ide
    dak...??
    Happy taun bru Islam n Taun baru MaseHi....!!!

    JayaLah SABAK KU !!!

    BalasHapus